Tips Replace Kata Dieditor VIM atau VI

berhubung lagi sering utak-atik zone dns BIND, dan butuh search, replace textyang cepat biar gak stress ngedit file karena internet lambat maka fitur searchand replace mutlak saya butuhkan.
dengan hanya Vim yang tersedia di debian netinstall saya itu sudah cukup untuk melakukan search and replace. gak perlu pakek shell script yang memusingkan dengan regexnya. cukup buka vim dan ketikkan tanpa tanda “” perintah berikut: :%s/ini-teks-lama/ini-teks-baru
perintah tersebut akan me-replace semua kata yang bersesuaian denganpattern ini-teks-lama kemudian diganti dengan pattern ini-teks-baru. cukup mudah bukan?
itu baru untuk satu file, lalu bagaimana untuk banyak file? mudah saja, kita membutuhkan perintah args. dalam contoh berikut saya akan me-replace kata mati dalam 30 files di folder /home/vimku dengan karakter kosong. maka perintah yang harus dilakukan adalah:
:args /home/vimku/*/*
:argdo %s/, mati.*)/)/ge | update
berapapun file yang ada di directory /home/vimku yang mengandung kata mati akan di replace dengan karakter kosong.
lalu bagimana kalo kita hanya ingin menggunakan fasilitas search saja? gampang. cukup ketikkan perintah ” :/frasa-yang-ingin-dicari ” setelah itu tekan tombol ‘N‘ untuk melanjutkan ke kata lain yang cocok.
happy Vim!

Posting Komentar