Motivasi memunculkan Semangat Hidup

Semangat Hidup? mungkin itu perkataan simple tapi kadang susah untuk di jawab, banyak lika liku di dunia ini yang menjadikan semangat hidup kita naik turun.

Yang pasti semangat hidup itu harus dibuat, dia tidak akan datang sendiri. Untuk memuculkan semangat hidup itu tidak sulit, simple asal konsisten :)

Asik bermain twitter nemu salah satu artikel yang isinya menarik untuk di baca, kurang lebih isinya seperti ini, tapi ane lupa twitt siapa :D, besok ane update kalau ketemu yang ngetwitt :D

Hidup ini kadang semangat, kadang juga loyo. Suatu hari bergairah, hari yang lain bisa jadi tidak. Apa penyebabnya hidup kita bisa tidak bergairah dan semangat? Bisa jadi memang kita belum menemukan passion kita. Sehingga hari demi hari hanya sebuah rutinitas tanpa arti, hampa tiada makna. Agar hidup penuh semangat, harirkanlah gairah (passion) dalam menjalaninya.

Seseorang yang sudah menemukan passion-nya, ia akan dengan mudah mengembalikan mood yang mungkin sempat sempat turun. Ia akan dengan cepat memompa semangat yang mungkin sempat drop. Karena hidup kita, passion-lah yang menjadikan hari-hari kita jadi penuh gairah dan semangat.

Bagaimana menemukan dan menghadirkan gairah (passion) dalam hidup kita? Berikut saya sharingkan beberapa tipsnya.

Pertama, carilah pendorong yang sangat kuat mengapa kita hidup dan harus meraih sesuatu. Pendorong ini bisa jadi berupa materi, emosional juga spiritual. Pendorong yang bersifat materi misalnya kita punya reason bahwa hidup kita harus lebih baik karena tak ingin melihat diri dirundung kesulitan finansial; pinjam sana, pinjam sini. Pendorong hidup juga bisa jadi berupa hal-hal yang sifatnya emosional. Misalnya, kita harus meraih sukses karena ingin membahagiakan keluarga juga orang tua. Ingin memberikan bantuan kepada keluarga juga sesama. Tak rela keluarga terlantar dan orang yang kita cintai mengalami penderitaan. Nah, pendorong ini akan memunculkan passion (gairah) dalam menjalani hari.

Seseorang yang tidak punya pendorong, maka hidupnya akan terasa hambar, tak berasa. Ia bekerja, berbisnis, belajar, seakan tak ada nilai yang sedang ia perjuangkan. Ia hanya mengisi waktu yang entah untuk apa ia curahkan.

Kedua, agar passion muncul temukanlah arah dan tujuan hidup kita. Arah dan tujuan yang jelas dan terperinci. Orang yang sudah punya pendorong, gariah tetap tak akan muncul bila ia tak memiliki arah. Arah ini bisa jadi target, impian atau visi. Maka, orang yang tak memiliki tujuan, target hidup juga visi hidup akan mengakibatkan hidupnya tak jelas. Meski memiliki pendorong, ia akan tetap tidak bergairah. Mengapa? Karena ia tak memiliki arah yang jelas.

Jadi, bila saat ini hidup kita seakan tak ada gairah, hilang semangat, bisa jadi karena dua hal di atas tak kita punyai. Pendorong hidup dan sukses kita, serta arah tujuan dan impian hidup kita. Karena, orang yang memiliki dua hal ini akan dengan penuh gairah menjalani hidup. Meski sulit, akan selalu ada kekuatan yang memberikan tambahan energi. Meski lelah didapat, akan ada makna yang sedang ia perjuangkan.

Dua hal ini mudah-mudahan membantu kita untuk menghadirkan passion dalam hidup kita. Bila suatu hari kita tak semangat, tak bergairah, ingatlah pendorong hidup kita. Ingatlah ada orang-orang yang kita cintai yang sedang kita perjuangkan. Ada orang-orang yang kita sayangi yang sedang berharap dalam hidup kita. Ingatlah punya ada impian, visi dan tujuan hidup yang sedang kita kejar. Ingatlah kebahagiaan yang akan kita dapatkan bila impian itu jadi nyata. Tapi, ingatlah punya apa yang dirasa bila impian itu tak kunjung jadi nyata.

Semakin kuat pendorong dan semakin jelas arah hidup kita, maka passion hidup kita akan semakin kuat. Selamat menikmati hidup dengan passion (gairah) yang membuncah.

Posting Komentar