Cara Install Apache 2, MySQL, PHP 5 Di Ubuntu

Cara Install Apache 2, MySQL, PHP 5 dan PHPMyAdmin Di Ubuntu
Mungkin ada yang kesulitan bagaimana cara menginstall lamp atau apache, php dan mysql di ubuntu. Sebenarnya mudah tinggal mengexsekusi perintah perintah dan nantinya akan jalan dengan sendirinya.

Tapi bagi pengguna yang tidak familier dengan linux tentu akan kesulitan dalam melakukan instalasi apache 2, php 5 dan mysql tapi dengan menyimak artikel ini insya alah akan bisa dengan sendirinya :)

oke langsung saja akan saya jelaskan cara instalasi apache 2, php 5 dan mysql di ubuntu. Cukup mudah sintaknya yang pasti komputer anda terkoneksi dengan internet cepat. karena install apache, php dan mysql ini paketnya download langsung dari internet.

Install Apache 2
sudo apt-get install apache2
setelah instalasi coba anda buka browser dengan mengetikkan http://localhost apabila muncul It Works! anda telah berhasil menginstall apache2 di ubuntu.

Install PHP
sudo apt-get install php5 libapache2-mod-php5
Silahkan tunggu proses instalasi sampai selesai. Setelah itu silahkan restart apache-nya dengan perintah berikut :
sudo /etc/init.d/apache2 restart
setelah itu silahkan buat file phpinfo.php untuk mengetahui instalasi PHP5 berhasil atau tidak dan simpan di directory /var/www/. Untuk lebih cepatnya silahkan jalankan perintah berikut :
sudo gedit /var/www/phpinfo.php
pada jendela gedit yang tampil silahkan isikan script berikut :
<?php phpinfo (); ?> 
setelah itu disave. Kemudian ketikan http://localhost/phpinfo.php akan muncul list list jika ada maka anda berhasil install php di ubuntu

Install MYSQL
sudo apt-get install mysql-server
Tunggu sampai instalasi selesai, biasanya pada instalasi pertama akan di minta memasukkan password dilahkan masukkan sesuai keinginan anda

Nah demikian artikel install  Apache 2, MySQL, PHP 5 dan PHPMyAdmin Di Ubuntu semoga bisa membantu teman2 semua :)

1 komentar:

ok thanks.. sangat membantu..

Reply

Posting Komentar